Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kabel Gas & Kopling Yang Beresiko

Berikut ini adalah trik tentang otomotif juga yang di dapat dari blog sebelah mungkin tips ini sangatpenting karena sangat berguna dan untuk keamanan untuk lebih jelasnya silahkan bergulir kebawah dan jangan lupa lihat juga tip berikut ini:
Teknik Mengerem yang Benar buat Bikers TIP BERKENDARA
Tip merawat motor agar awet
Tips Satria fu | Suzuki Satria F-150 Slang Sobek Susah Langsam

for the English article

When we look at gas and the clutch cable wires that exist under FU motorcycle handlebars, there is a hook / small bracket to connect the two wires are in a position to always stick to the body / frame of the bike.
4
Maybe for some people, the bracket is only a complement to the motor, but actually quite a big influence as well.

The cable is not attached to the bracket that will automatically reduce the neatness of our motors. In addition, the cable is moving freely there is likely to experience blisters due to rubbing / sandwiched between the body and the shock absorber.

3

Please note that the outer layer of rubber covered wires that form a second layer of material threaded with iron. Both of these ingredients that protect the fiber cable on the clutch and the gas motor.

When the outer layer had peeled off due to friction, the second layer will automatically be opened. The first risk, the second layer will be easier to have bent so that the fiber cable in it will be difficult to perform the movement up and down because of pinched on the shape of the cable protector has changed.

1

The most severe impact, screw in the second layer will become increasingly interested due to routine movement of the fiber cable at the moment we operate a motorcycle. In this condition, there is a possibility when we draw the gas cable, fiber cable will not come back when we loosen the gas cable back. It would be very dangerous for the rider and very likely will have an accident.

Some tips that can be done to avoid this are:

* Always check cables before riding a motorcycle, make sure that both wires are always caught in the bracket.
* Immediately replace the gas cable / clutch is peeling to avoid greater risks.
* Always carry a backup when the cable is damaged in the middle of t



Bila kita perhatikan pada kabel gas dan kabel kopling yang ada dibawah setang motor FU, ada sebuah pengait / bracket kecil untuk mengaitkan kedua kabel tersebut agar selalu dalam posisi menempel pada body / rangka motor.
4
Mungkin bagi sebagian orang, bracket tersebut hanya sebatas pelengkap pada motor, tetapi sebetulnya pengaruhnya cukup besar juga.

Kabel yang tidak menempel pada bracket tersebut otomatis akan mengurangi kerapian dalam motor kita. Selain itu, kabel yang bergerak bebas tersebut ada kemungkinan akan mengalami lecet karena bergesekan / terjepit antara body dan bagian shock breaker.
3
Perlu diketahui bahwa lapisan luar dari kabel yang berbahan karet menyelubungi lapisan kedua yang berbentuk ulir dengan bahan besi. Kedua bahan inilah yang melindungi kabel serat kopling dan gas pada motor.
Bila lapisan terluar terkelupas akibat gesekan tadi, secara otomatis lapisan kedua akan menjadi terbuka. Resiko pertama, lapisan kedua akan lebih mudah untuk mengalami bengkok sehingga kabel serat didalamnya akan menjadi susah untuk melakukan gerakan naik turun karena terjepit pada bentuk pelindung kabel yang berubah.
1
Dampak yang paling parah, ulir pada lapisan kedua akan menjadi semakin tertarik akibat pergerakan rutin  dari kabel serat pada saat kita mengoperasikan motor. Dalam kondisi ini, ada kemungkinan saat kita menarik kabel gas, kabel serat tidak akan kembali ketika kita mengendorkan kabel gas kembali. Ini akan sangat berbahaya bagi pengendara dan sangat besar kemungkinan akan mengalami kecelakaan.
Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari hal ini adalah :
  • Senantiasa periksa kabel sebelum mengendarai motor, pastikan agar kedua kabel selalu tersangkut di dalam bracket.
  • Segera ganti kabel gas / kopling yang terkelupas untuk menghindari resiko yang lebih besar.
  • Senantiasa membawa kabel cadangan bila mengalami kerusakan di tengah jalan.